Kamis, 01 September 2016

SUSKABINTALNAS V 2016



Dalam rangka memantapkan mental kejuangan dan dalam upaya menjadikan kader pembina mental Resimen Mahasiswa, pada pekan Suskaabintalnas V ini adalah salah satu nilai strategis dalam membina mental Resimen Mahasiswa agar memiliki mental yang tangguh dalam setiap melaksanakan tugas-tugas, baik tugas di dalam home base (satuan) maupun tugas-tugas operasi dalam menjaga kedaulatan NKRI.
Adapun sorotan utama dalam kegiatan pekan Suskabintalnas V adalah :

Pertama, tentang mental dimana kondisi mental seseorang dapat dilihat atau diamati dari dua aspek, yaitu dari tingkat penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama yang mewujud dalam moralitas serta tingkat pelanggaran yang dilakukan.  Ketahanan pribadi yang perlu dikembangkan pada dasarnya berkaitan erat dengan lingkungan dimana individu tersebut berada.  Seperti diketahui lingkungan terdekat setiap individu adalah keluarga dan satuan dimana mereka melaksanakan aktivitas sehari-hari.  Oleh karena itu, ketahanan pribadi juga berkaitan erat dengan  ketahanan keluarga dan satuan, begitu juga sebaliknya.

Kedua, Moral merupakan tata aturan (code of  conduct) atau sistem nilai yang mengatur tentang masalah benar/salah, baik/buruk, tepat/ tidak tepat yang meliputi hasrat, kepercayaan , perkataan, watak dan lainnya yang berkaitan denga tindakan seseorang dalam hubungannya dengan orang lain.  Moral dapat menjelaskan kepada kita  hal mana yang harus dipilih dalam keragaman situasi dan mengapa sebuah pilihan dikatakan benar sedangkan lainnya dikatakan salah. Upaya inilah yang memerlukan suatu pemahaman yang benar, agar  langkah atau tindakan dapat dikatakan benar dan disebut orang yang bermoral.

Ketiga,tentang konsepsi Bintal bahwa dalam konsepsi Pembinaan Mental Angkatan Darat dinyatakan bahwa untuk membangun mental yang tangguh memerlukan pembinaan yang intensif dan sistematis atau sinergis antara Pembinaan Mental Rohani (Binroh), Pembinaan Mental Ideologi (Bintalid) dan Pembinaan Mental Kejuangan (Bintaljuang).

Keempat, Optimalisasi Bintal fungsi Komando (BFK) di Satuan.  Hakikat  Bintal Fungsi Komando (BFK) adalah peran serta seluruh unsur pimpinan, baik sebagai Dan/Ka maupun Pa Staf terhadap pembinaan mental anggotanya, karena buruknya mentalitas anggota satuan adalah menjadi tanggung jawab pimpinan sepenuhnya. (811)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar