Kamis, 01 September 2016

Assalamuallaikum Wr Wb
Resimen Mahasiswa merupakan salah satu perwujudan implementasi sistem Pertahanan Semesta di Indonesia. sistem pertahanan semesta saat itu yang berlaku sistem pertahanan dan keamanan Rakyat Semesta (Siskamhamrata) dan saat ini dengan berlakunya UU Republik Indonesia No. 03 tahun 2002 tentang pertahanan Negara, sistem pertahanan yang berlaku adalah sistem pertahanan Rakyat Semesta.
Doktrin Resimen Mahasiswa Indonesia adalah "WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA" yang berasal dari bahasa sansekerta yang berarti " Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan" dan PANCA DHARMA SATYA sebagai Pedoman Resimen Mahasiswa.
Berdirinya MENWA SATUAN 811 sejak IAIN Malang masih menjadi Fakultas Tarbiyah yang induknya di IAIN Surabaya. Selanjutnya berganti nama menjadi STAIN, UIIS, UIN, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Didirikan Satuan 811 diperkirakan pada Pendidikan Latihan Dasar (DIKLATSAR) ANGKATAN KE 19 yang merupakan peserta DIKLATSAR pertama dari FAKTAR IAIN  Malang (Ibu Mun dari Kediri).
    - DIKLATSAR  25 Tahun 1986
    - DIKLATSAR  29 Tahun 1988
    - DIKLATSAR  31 Tahun 1990
    - DIKLATSAR …
Sebagai tugas pokok Resimen Mahasiswa 811/ Wira Cakti Yudha UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, penguasaan wawasan kebangsaan dan pembentukan sikap Ilmiah. 
UKM Resimen Mahasiswa adalah salah satu UKM yang memiliki bidang olah keprajuritan dalam upaya bela negara, dalam hal ini pembinaan mental dan fisik yang di utamakan. UKM Resimen Mahasiswa bersifat semi militer artinya pelatihan dan pembinaan Resimen Mahasiswa hanya setengah dari Ilmu militer yang didapatkannya.
Terimakasih 
Wassalamuallaikum Wr Wb
Komandan Satmenwa 
811/ WCY UIN Maliki Malang


Andika Rizky Fauzi 
NBP 13941118044 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar